Chick IN di Kandang Yayan

Sabtu, 25 Januari 2020 siswa prakerin di lokasi Kandang Bapak Yayan, Gunung Panjang melakukan chick-in pukul 11.00 WITA. Chick in adalah istilah untuk masuknya anak ayam atau DOC (day old chick) yang akan dipelihara ke dalam kandang. Brooder (istilah untuk kandang anak ayam di masa-masa awal) perlu dipersiapkan dengan benar agar anak ayam dapat tinggal aman dan nyaman mengingat masa awal pemeliharaan adalah masa yang kritis dan sangat mempengaruhi keberhasilan pemeliharaan ayam broiler atau ayam pedaging. Pada masa awal pemeliharaan, DOC sangat membutuhkan dukungan untuk kehidupannya karena anak ayam/DOC belum mampu beradaptasi dengan baik, bulu belum tumbuh sempurna, dan daya tahan tubuh anak ayam masih lemah. Jika pada masa awal pemeliharaan dapat dilewati dengan baik, masa pemeliharaan berikutnya akan lebih mudah. Persiapan sebelum chick in meliputi persiapan kandang, pemanas, tempat pakan dan minum, serta tata letak peralatan tersebut di dalam kandang. Jika, sebelumnya kandang dan peralatan sudah digunakan, maka kandang dan peralatan harus dibersihkan dulu


DOC MB 202 Platinum Produksi PT Japfa Comfeed

PERSIAPAN SEBELUM DOC DATANG
  1. Sekam ditaburkan secara merata ke seluruh permukaan lantai dengan ketebalan 3-5 cm (bisa sampai 10 cm).
  2. Tempat pakan, tempat minum, chick guard, lampu, dan pemanas harus sudah terpasang paling tidak 2 hari sebelum DOC datang.
  3. Jika menggunakan tempat minum/gallon yang berukuran besar harus diberi kerikil bersih agar DOC tidak masuk ke air.
  4. Tinggi chick guard yang disarankan adalah 40-50 cm. Chick guard dapat terbuat dari seng, papan kayu, atau bambu (berbentuk jeruji atau anyaman).
  5. Pemanas diletakkan di tengah chick guard dengan ketinggian 125 cm. Perlu diperhatikan arah panas dan temperatur.
  6. Pemakaian koran disarankan hanya 1 lapis di atas litter (sekam) dan hanya dipakai pada hari pertama saja. Pendapat lain menyebutkan sebaiknya terdapat 3 lapis koran dan setiap hari diambil 1 lapis koran sampai hari ke-3. Untukhal ini, fleksibel saja.
  7. Intensitas cahaya minimal 20 lux, kurang lebih setara dengan 10 watt SL/TL atau 60 watt lampu pijar per chick guard pada ketinggian 170 cm.
  8. Disediakan tempat untuk mencelupkan kaki dan hand sprayer (semprotan tangan) berisi larutan desinfektan untuk petugas kandang dan tamu yang keluar masuk lokasi kandang.
  9. Setelah semua persiapan selesai, dilakukan penyemprotan ke seluruh bagian kandang (termasuk peralatannya) dengan desinfektan yang disarankan.

Pembersihan Kandang

Truk Muatan Pakan datang


DOC Siap di Tebar


Siswa Melakukan Chick-IN

Pemanas Menggunakan Oli






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.