Memanfaatkan Google Form Sebagai Media Ujian Online



Google Form adalah fitur gratis dari email Google. Apabila Anda ingin melakukan ujian online tanpa keluar biaya, Anda bisa melakukannya menggunakan Google Form.

Penggunaan Google Form selain untuk survey dan sejenisnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ujian online. Pada Google form kita bisa membuat berbagai mode soal dari pilihan ganda, jawaban singkat, maupun jawaban dengan penjelasan. Selain itu kita juga dapat membuat soal yang menggunakan gambar atau yang lainnya.

Untuk membuat Google form pastinya Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu, kemudian login ke halaman https://drive.google.com

Setelah login Anda akan melihat dibagian kiri layar ada tanda + New yang digunakan untuk menambahkan data baru di Google drive. Untuk membuat Google from silahkan klik tanda + New tersebut, kemudian pilih More (lainnya) dan baru muncul pilihan Google form seperti berikut :




Anda akan diarahkan ke halaman Google form baru, silahkan sesuaikan Judul dan deskripsi Google formnya terlebih dahulu.




Jika sudah, sebelum membuatkan soal silahkan klik tombol setting dengan symbol gear yang ada disamping tombol send dibagian kanan atas.



Pada bagian setting general terdapat opsi collect email, dimana nantinya peserta ujian diminta memasukkan alamat emailnya masing-masing. Kemudian ada bagian dibawahnya limit to 1 response tidak perlu di checklist jika nantinya peserta ujinnya lebih dari 1 peserta.


Setting Presentation



Pada bagian setting ini ada beberapa opsi, seperti menampilkan progress ujian yang dikerjakan, mengacak soal, dan menampilkan link untuk melakukan pengisian form yang berbeda. Jika untuk ujian disarankan tidak perlu mencentang opsi-opsi diatas, jika diinginkan hanya opsi acak soal saja.

Setting Quiz



Bagian ini adalah bagian yang penting untuk membuat google form digunakan untuk ujian, aktifkan opsi quiznya terlebih dahulu. Di bawahnya terdapat opsi quiznya seperti release hasil ujian akan ditampilkan langsung atau nanti setelah dilakukan review (manual). Kemudian untuk opsi dibawahnya tidak perlu dichecklist karena tidak diperlukan.

Setelah selesai melakukan pengaturan form google, saatnya kita melakukan pembuatan soal dan juga jawaban soalnya seperti berikut :





Bagian multiple choice adalah opsi soal yang bisa dibuat, kemudian ada tools untuk add question (menambah pertanyaan), import question, menambahkan judul dan deskripsi soal, menambahkan image, menambahkan video dan mengatur seksi soal.

Silahkan pilih opsi soal yang akan dibuat, untuk pilihan ganda silahkan pilih multiple choice. Kemudian isikan soal dan tambahkan opsi jawaban dibawahnya. Jangan lupa untuk enable required (penting) soalnya agar soal tersebut harus dijawab oleh siswa.

Setelah soal sudah selesai dibuat, silahkan klik “Answer Key” untuk melakukan setting jawaban yang benar.


Kemudian akan diarahkan ke halaman setting jawaban soalnya seperti berikut :



Silahkan pilih opsi jawaban yang benar, pada setting jawaban juga dapat diatur untuk skor setiap soalnya. Tidak perlu setting answer feedback jika tidak dibutuhkan. Jika sudah selesai klik tombol “Done”.


Silahkan dapat lakukan penambahan soal-soal lain dan juga setting jawaban sesuai panduan diatas. Jika sudah siap, pastikan response form sudah diaktifkan untuk dapat melihat jumlah siswa yang sudah mengirimkan jawaban nantinya.




Setelah seluruh tahapan selesai soal ujian sudah siap di edarkan ke siswa, cara yang paling mudah adalah menggunakan link. Untuk pembuatan link soal silahkan klik tombol send terlebih dahulu.





Silahkan ubah ke mode link sesuai yang ditandai diatas, dan checklist shorten URL agar link soal lebih ringkas. Jika sudah klik copy dan klik tanda silang. Link yang sudah di copy dapat dikirimkan ke siswa yang akan melakukan ujian.


Berikut adalah contoh hasil jadi google form yang akan digunakan untuk ujian.


Demikian cara memanfaatkan Google form sebagai media Ujian Online atau CBT, semoga bermanfaat dan melancarkan proses Ujian online Anda


Sumber : https://www.rumahweb.com/journal/memanfaatkan-google-form-untuk-ujian-online/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.