Mau apa kamu jika token listrik tidak muncul?

Meteran Listrik Prabayar Digital 

Pernah kamu membeli pulsa listrik prabayar? Hmmmm yang rumahnya menggunakan listrik (kalau belum ada listrik bisa juga kok membelikan pulsa listrik rumah saya, hehehehe), dan listrik prabayar, tentunya sudah pernah ya, atau setidaknya nitip seseorang untuk membelikan pulsa listrik. Oke kita lanjutin ya, pulsa listrik prabayar bisa didapat di konter penjual pulsa ditetanggamu bray, atau bisa beli lewat tokopedia, gojek, sms banking, internet banking dan kamu juga bisa ke ATM. Untuk beli pulsa listrik lewat ATM, tentunya kamu harus punya "Kartu ATM" dua kali lagi "Kartu ATM", sekali lagi " Kartu ATM". Woh woh ngeri menjelaskan kartunya, sampai diulang 3x ya sis (kayak penjual online aja sas sis sas sis). Iyalah kalau kamu cuma punya kartu domino, kartu remi, kartu indosat, telkomsel, xl, axis, flexi, kartu ternak sapi, kartu recording pakan, kartu kontrol berobat, kartu pelajar, kartu PGRI, kartu tanda penduduk, film kartuN yo sampai elek gak bisa kecuali indonesia ini berubah dengan pesat dan mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain yang lebih maju (sekarang kamu bayangkan mengejar Dilan, kamu bersaing dengan Milea. Nah Dilan posisi di Gor Pemuda, kamu posisi di SMKN 2 Berau Kedaung Indonesia, Milea posisi di BPD Kaltim Jalan Pemuda, pada detik yg sama kamu dan Milea mengejar Dilan, kira-kira apakah kamu sanggup mendahului Milea gak? wakakakak gak nyambung...). Singkatnya seperti ini kalau dulu jamannya ktp kertas, pemerintah Indonesia ingin membuat e-KTP, yap e-KTP iya bener kamu e-KTP, dan bener bener canggih lho e-KTP nya. Rencananya e-KTP nya itu bisa dijadikan ATM, kartu idenitas, BPJS, dan didalamnya berisi chip (walaupun e-ktp sekarang ada chipnya juga=kalau yg udah pernah mbongkar akan terlihat chip kecil didalam e-KTP) maksudnya satu kartu bisa digunakan untuk macem-macem kan keren gak menuhin dompet juga. La dalah kok malah ngomongin e-KTP, sidang e-KTP Setya Novanto aja belum kelar kok malah sota sota (sok tau kamsudnya) gitu. Eh tadi ngomongin apa ini, Woiudah pada ngopi belomDiem-diem baengopi apa ngopi, (Sudah minum kopi belum? Kok diam saja sih? Ngopi-ngopi lah-red)”.Uudah ngopi belum, ngopi atau ngupi, atau ngupil....

Singkat cerita, kamu punya kartu ATM jadi gak usah beli ATM ya, ATM udah disediakan oleh pihak Bank yang mempunyai kartu ATM tersubut. Kartumu ada uangnya tapi uangnya tidak terlihat didalam kartu ATM kalau kamu terawang, soalnya uangnya dalam bentuk digital (bisa dilihat lewat ATM), oke ini syarat pertama. Selanjutnya datang kemesin ATM (contoh saya ke BNI) nah masukkan kartu atm ke mesin ATM dan tekan PIN selanjutnya Pilih Pembayaran terus Pilih opsi PLN lalu tekan lagi ‘PLN Prabayar’ kemudian dari pada itu pilih ‘Pembelian Token’,selanjutnya masukan 11 digit nomor meter prabayar. Jangan lupa menambahkan angka nol (0) di depan nomor meteran. Pilih jenis “0”. Selanjutnya pilih nominal token listrik yang kamu kehendaki. Setelah transaksi berhasil, setruk akan tercetak dan berisi kode voucer pulsa listrik (token) yang bisa kamu isikan di meteran nanti.

Ringkasnya begini

Cara pembelian pulsa listrik prabayar di ATM BNI

  • Masukan kartu BNI anda ke mesin dan ketik PINnya.
  • Pilih menu “Pembayaran”.
  • Muncul submenu, tekan “PLN”.
  • Keluar submenu lagi, pilih yang “PLN PRABAYAR”.
  • Tekan “Pembelian Token”.
  • Anda diminta masukan nomor meter yang akan diisi ulang pulsanya. Ketikanlah nomor meter anda yang 11 digit itu dan jangan lupa tambahkan “0” di depan nomor itu.
  • Pilih jenis “O”.
  • Pilih nominal voucher yang anda kehendaki.
  • Struk akan tercetak.
Nah kalau struk tidak keluar karena ATM bermasalah, atau jaringan internet trouble, gimana kita mau isikan ke meteran listrik nih bro. Hmmm nyesek juga kan, udah transaksi pulsa listrik 1juta, struk yg berisi 20 digit gak keluar, padahal rekening udah berkurang 1jt, kalau untuk beli kerupuk udah rempong kita bawanya. Tenang dulu ya tunggu kartu ATMnya keluar dulu, ops udah nongol tuh kartu tinggal kita ambil. Kebetulan di ATM BNI (Bank BNI samping Palmy Hotel) ada satpamnya, langsung aja saya tanyakan tentang permasalahan yang ada, tapi bukan masalah perut mules kebanyakan sambel ijo korek ya. Terjadilah percakapan saya dan pak satpam 
  • Aku : Mas saya mau nanya nih?
  • Satpam : Iyo dab ono opo? (woh bisa bahasa gaul khas djogja ternyata satpamnya mau tau artinya gak?)
  • Aku : Saya tadi isi pulsa listrik lewat ATM nah transaksi udah sukses, saldo saya juga udah berkurang, tapi struk yg berisi 20 digit gak keluar mas.
  • Satpan : Ohhh gitu ya, besuk masnya datangi aja ke Bank BNI, ngomong sama CSnya, nanti akan dilihat transaksinya, kalau sukses nanti masnya minta diprintkan token listriknya, pokoknya aman aja mas, gitu jawab siSatpam.
  • Aku : Oke mas, hari senin saya mau ke Bank BNI aja, kalau besuk minggu kan libur.
  • Satpam : Oiya besuk minggu mas, saya lupa hari, maklum udah gak sekolah lagi jadi lupa hari deh (ini ngarang aja biar kelihatan keren)
  • Aku : Makasih mas atas bantuannya
  • Satpam : Sama-sama mas.
Hari senin saya sibuk, selasa gak sempet, nah hari rabu saya ke Bank BNI. Sampai pintu depan di tanya satpam (berbeda dg waktu itu, ini seragamnya putih, kalau yg dulu waktu hari sabtu seragamnya biru dongker) mau perlu apa mas? Saya ceritakan kronologinya, kamu udah apal juga pastinya. Oke bisa ke CSnya atau bisa juga masnya langsung telpun ke PLN ke nomer 123 nah nanti ungkapkan aja keluhannya nanti akan dikasih kok token listriknya dari PLN. Jadi saya telpun aja ya ke PLN, owww saya kira ke BNI dan BNI udah ada tokennya. Kalau masnya mau ke CS juga monggo, tapi pengalaman pribadi ya mas, saya dulu pernah ngalami juga, dan telpun ke 123 (PLN) akhirnya dikasih nomer tokennya kok. Oke sip makasih mas, saya catat dulu nomer meter saya yg ada dihp nokia senter ini di secarik kertas. Akhirnya saya hubungi 123 berkali-kali dengan hp saya yg keren ini dan gak berhasil, kebetulan ada CS lg ngobrol dg satpan tadi dan saya nanya keluhan saya tadi, saya memastikan dengan CSnya apakah token gak ada di Bank BNI dan di CS jawab gak ada, itu langsung ke PLN dengan hub 123. Ini gak mau mas saya hub 123, coba pake kode area jawab si CS. Saya tekan 0554123 call.....tetep aja gak mau, coba saya bantu telpunkan pak tanya si CS, silahkan jawabku (kupikir telpun dg telpun Bank BNI atau pake HP si CS, gak taunya pake HPku, yowislah. Dipejet sama si CS 021123 call.....dan nyambung, owalah area jakarta nyambung nih, hp dikasihkan saya lagi, hp berbunyi 
  • Selamat datang di PLN 123, untuk layanan informasi tagihan listrik tekan 1, untuk layanan pengaduan ganguan dan keluhan pelanggan tekan 2, untuk layanan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya tekan 3.
  • Selanjutnya pilih atau tekan 2 tunggu nanti ada CS PLN akan menerima pengaduan anda.
Terjadilah percakapan saya dan CS PLN : saya memperkenalkan diri dengan menyebut nomor meteran PLN saya dan menyebut nama saya, selanjutkan saya utarakan keluhan saya (bukan selatan, barat, timur, barat laut, tenggara dan barat daya ya tapi saya utarakan), akhirnya dengan ramah menjelaskan kalau pada tanggal 17 Februari 2018 ada dua kali transaksi, nah bener ini, pinter ini pikirku, langsung saya jawab transaksi yg pertama mbak, iya yg transaksi pertama pukul 16.55 yang kedua pukul 17.15, oke yg transaksi 16.55 token listriknya berapa ya, dengan tangkasnya dijawab 20 digit kode token listrik prabayarnya yaitu 3929 9815 8018 7401 6349. Saya ulangi lagi ya mbak 3929 9815 8018 7401 6349. Iya benar, jawab CS PLN. Makasih ya mbak, nuwun.

Sampai rumah ku masukkan 20 digit kode token tadi ke meteran listrik prabayar dirumah dan pejet enter, dengdong akhirnya nambah pulsa listrikku, makasih semuanya atas bantuannya.

Intinya gak usah galau kalau struk gak keluar pas beli pulsa listrik di ATM, segera hubungi PLN di 021123 terus pilih 2 dan minta 20 digit sama CS PLN.
Semoga berguna, kalau gak berguna juga gakpapa ;)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.